Data Warehouse (DW Pert-01)

Data Warehouse (DW), merupakan suatu konsep dalam pengembangan sistem database yang terintegrasi dan biasanya digunakan untuk mengolah dan mengelola data untuk keperluan pengambilan keputusan. Definisi yang sederhana dari DW ini adalah sebagai berikut,
Data warehouse merupakan sebuah lingkungan informasi yang :
  • Menyediakan gambaran informasi terpadu dari sebuah perusahaan
  • Menjadikan sistem pengambilan keputusan terrealisasi dengan memanfaatkan data operasional perusahaan sudah yang ada
  • Menyajikan informasi yang konsisten
  • Menyajikan informasi yang fleksibel dan jga interaktif

  • Data di dalam data warehouse diorganisir untuk mendukung analisa, seperti sistem online transaction processing (OLTP).OLAP dll kita bahas 2 sebutan ini



OLTP
  • Online Transaction Processing atau sering dikenal dengan OLTP adalah sistem yang berorientasi proses yang memproses transaksi secara langsung melalui komputer yang terhubung dalam jaringan.
    Misalnya biasa digunakan pada sebuah supermarket, kasir menggunakan mesin dalam proses transaksinya.
    OLTP mempunyai karakteristik beberapa user dapat creating, updating, retrieving untuk setiap record data, OLTP sangat optimal untuk updating data.                                                                                       
Sedangkan OLAP
  • Online Analytical Processing, atau disingkat OLAP adalah metode pendekatan untuk menyajikan jawaban dari permintaan proses analisis yang bersifat secara cepat, yaitu desain dari aplikasi dan teknologi yang dapat mengoleksi, menyimpan, memanipulasi suatu data multidimensi untuk tujuan analis. OLAP adalah bagian dari kategori yang lebih global dari pemikiran bisnis, yang juga merangkum hubungan antara pelaporan dan penggalian data.